Grouting Plat Lantai Hebel

Bener-bener plat lantai instan. Tinggal tambah aer di grouting, jadi deh. Grouting tuh campuran semen (khusus untuk plat lantai Hebel) yang dimasukkan ke dalam celah plat Hebel. Untuk grouting, kami memakai produk Prime Mortar 600+ sebanyak 40 zak untuk luasan 60m2. Banyak karena grouting tidak dicampur pasir lagi. Tinggal tambah aer, jadi deh plat lantai instan. Cuman 3 hari aja.

About these ads

71 thoughts on “Grouting Plat Lantai Hebel

  1. Blog yg menarik nih.

    Boleh tau harga Prime Mortar 600+ berapa?
    Setelah di kalkulasi, per m2 utk lantai hebel berapa ya pak? (termasuk harga hebel, Prime mortar, tulangan, angkur dsb)

    Terima kasih.

    • Kemaren pake prime mortar tu kena 50rb satuannya. Untuk lantai seluas 30m2, kami pakai 12 sak. Jadi brp tuh? Hmm, 600rb. Berhubung tukang borongan, saya kurang tau satuannya. Harga plat lantai hebel sekitar 190rb /m2. Jadi mungkin harga hebel 210rb/m2 tanpa hitung tukang.
      Sebenernya, bila kita itung harga tukang 75rb/ hari, dan sehari kami memerlukan 6 orang (untuk mengangkat 1 unit plat lantai hebel berukuran 300x60x12 seberat 150kg). Proses pengangkatan dan penempatan plat (termasuk di pahat lg agar pas dengan penempatan besi) untuk luasan 30m2 adalah 3 hari. Jadi biaya tukang kira2 900rb, jadi per meter 30rb.
      Tambah biaya lain2, total pengerjaan plat lantai hebel 250rb/m2.
      Moga2 ngerti sama penjelasan saya yang kusut. Hehe.
      Moga2 membantu :)

  2. mo tanya nih..desain uk kolom & balok berapa ?
    desain uk. pondasi berapa
    denah desain balok dan menumpuh plat thd balok

    thank

    joe

  3. Luar biasa, benar2 informatif artikelnya pak.
    Yang paling aku tertarik soal borongan tukangnya yang ngerti pemasangan produk hebel ini.
    Boleh aku minta nomer tukangnya via email untuk diskus proyekku pak??
    Salam sukses, semoga berhasil di proyek2 anda berikutnya (en jangan lupa di-sharing ya :) )

    • Seneng banget kalo tulisan saya bisa ngebantu :) tp sekarang saya lg tugas luar ni, mungkin pertengahan november baru bisa. Nomernya ada di rumah euy :)
      Btw mau bikin proyek ngedak ya?

  4. aku memang mo ngedak juga pak.
    Tp cuma kira2 30m2 ..extend dari dak belakang yg udah jadi sebelumnya.
    Paling nambahin 1 kamar dan bikin roof garden yg juga aku cita2in pak.
    Aku beli rumah bikinan awal th 1990an dan udah tingkat 3/4 bagiannya di sebelah belakang.
    So aku mo ningkatin sisanya sampai full ke depan.
    Kira2 pemilik rumahku yg dulu udah bikin pondasi cakar ayam juga gak sih ya?? dari depan sampai belakang ?? Soalnya budget utk pondasi dan struktur masih gelap di perencanaanku.
    Gpp info tukangnya saya tunggu aja pak… Trims banyak :)

    • Hehe. Emang roof garden itu highest achievement :) saya juga masih belajar cara bikinnya yg bagus (dan murah). Pondasi sih mesti di cek. Atau kalo ada di gambar denah IMB, bisa di re cek bu.
      Nanti akan saya kabari lebih lanjut.
      Thanks,
      Emir

  5. Bisa kasih infonya pak,
    dibawah isian groting itu diwadahi apa pak biar gak bocor ?

    Triplek, Kayu, plastik atau bahan lain ?

    • Gapake ko pak. Karena jarak antara hebel rapat dan kekentalan grouting ngga bikin leleh ke lantai bawahnya.
      Tapi kalau mau ditutup tripleks atau plastik bawahnya jg gapapa sih :)
      Thx,
      Emir

  6. Jangan bosan ya pak.
    Kemarin saya tanya hitungan Hebel berdasarkan kubikasi.
    Tapi ada juga yang jual per piece batang.
    Dan dari bapak hitungannya per m2.
    Bisa kasih keterangannya ?
    Kalo kubikasi, luas ruangan m2 di x 0,125.
    Hargana lalu dikali 2.400.000 (m3).
    Untuk piece batang 2 meter 364.000,
    2,5m = 456.800 dan 2,75m = 503.000.
    Harga2x tsb memang standar segitu atau masih bisa diskon lagi ya pak ?

    • maaf baru bisa balas sayanya :)
      memang untuk beberapa toko material, ada yang menjual plat lantai hebe per batang dan per-kubik.
      saya kurang update dengan harga yang ada sekarang, tapi pada saat pembangunan tahun lalu, kami memlih harga per-kubik karena jatuhnya lebih murah.
      untuk harga, sebagai patokan bisa cek ke online-nya hebel. setelah dapat harga dari dealer resmi, coba bandingkan dengan harga di toko material dekat rumah/ langganan bapak. Biasanya sih toko material mau memberikan harga lebih murah untuk pembelian borongan.
      kalo saya sih gitu triknya pak :)
      thanks

  7. Sepertina saya agak frustasi dengan lantai Hebel.
    Selain masih sedikit toko yang menyediakan,
    harga di dealer resminya,
    jauh di atas harga yang di situs Hebel …..

    Paling2x saya pake kayu,
    dan sedapat mungkin kayu bahan tadi saya pakai lagi buat rangka plaond,
    mudah2x-an berhasil,
    kalau tidak,
    bakal banyak material yang kebuang …..

    • Mestinya sih banyak yang jual ya. Selain toko resmi yang direkomendasikan oleh Hebel langsung.
      Tapi emang secara pembuatan, kayu akan lebih mudah, murah, dan cepat.
      Saya memutuskan untuk menghindari kayu karena faktor rayap di rumah saya rada ganas pak. Makanya saya memutuskan pakai hebel.
      Semoga renovasinya berjalan dgn lancar dan sukses pak :)

  8. wah bahasannya menarik pak. saya baru baca dan tertarik soal pemasangan lantai hebel. boleh tidak pak di sharing untuk tukangnya, terutama karena tukang yang bapak pakai tentunya sudah lebih paham soal pemasangannya. mohon info pak via email. terimakasih banyak..

    • Pak Berthus,
      mohon maaf, kayanya kepala tukang saya dah ganti hapenya deh. saya coba hubungi dia masih lom berhasil. nanti begitu saya dapet nomernya, saya PM langsung deh. makasih sudah tertarik baca blog saya :)
      best regards,
      Emir

  9. mohon maaf pak,
    apakah masih ada nomor telepon tukang yang bisa pasang dak dengan hebel ya?
    kalo ada, mohon bisa dikirim ke email saya, saya kesulitan mencari tukang yang biasa pasang dak hebel.
    terimakasih atas bantuannya…

  10. senang sekali bisa membaca blog ini, sangat bermanfaat.
    sebagai informasi, saya awal october 2011 kemarin melakukan renovasi rumah kecil saya menggunakan hebel dan blok panel lantai.
    tapi sampai dengan sekarang belum kelar juga, dan yang lebih menyakitkan lagi tukang saya kabur dengan menyisakan kerjaan yang masih banyak.
    padahal pembayaran sudah masuk 90%,sedangkan volume kerjaan masih 50%.
    sekedar mengingatkan aja, hati2 terhadap tukang yang bernama pak Makto (081513714801, 085692606365, 081388920861) dan pak Alung (085646171550).
    mereka berdua yang seharusnya bertanggung jawab atas renovasi rumah saya, tetapi mereka malah menghilang begitu saja.

    • Memang, dalam urusan renovasi rumah, saya sarankan :
      - memakai tukang/ mandor yang telah direferensikan, entah oleh sodara/ tetangga/ teman.
      - jangan sekali-kali menyerahkan semua urusan pada tukang/ mandor.
      - Sempatkan tengok lokasi paling tidak seminggu 1x.
      - bila sempat, minta mandor melampirkan semua contoh bahan yang dibeli
      - serahkan uang berdasarkan termin yang telah disetujui, berikut bon pembelian yang harus sesuai dengan perkembangan pembangunan
      - tegas pada tukang. Ingat, yang digunakan adalah uang anda.

      Turut prihatin dengan kejadian yang menimpa pak Yusman. Semoga tips ini bermanfaat buat user lainnya. Dan barangkali ada nasihat khusus dari pak Yusman untuk teman2 user lainnya?

      Terima kasih,
      Emir

      • Benar sekali apa yang pak Emir katakan di atas.
        dan hal ini memang menjadi pelajaran bagi saya pribadi untuk lebih berhati2 dan selektif memilih tukang.

        oia pak Emir, sekarang ini seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa masih ada pekerjaan renovasi di rumah saya yang belum kelar.
        jadi dalam kesempatan ini, saya mohon sekiranya pak Emir atau temen2 user yang lain ada tukang yang bisa direferensiin, saya akan sangat menghargai.

        mungkin bisa kasih no telpnya ke no hp saya di 081211632191, ntar saya kontak.
        Terima kasih sebelumnya,

        Yusman

  11. sangat bermanfaat, dan kayanya ini yang saya cari.
    saya juga berencana membuat lantai 2 rumah saya menggunakan hebel.
    pada awal pembangunan saya menggunakan pondasi cakar ayam 60*60 sebanyak 12 titik dengan jarak antar cakar ayam 3m, dan untuk tembok saya gunakan bata merah.
    kata tukang saya waktu membuat rumah tsb, bisa langsung didak jika suatu saat dibutuhkan.
    tapi masalahnya karena awalnya tidak berencana mau nambah lantai, maka keatas dibuat gunungan (berbentuk segitiga) untuk menopang atap menggunakan pasangan bata merah.
    nah jika ingin memasang hebel untuk lantai 2 apakah harus membongkar gunungan tersebut atau bisakah hanya membobok temboknya untuk menumpangkan panel lantai tsb?
    mohon pencerahannya pak emir.
    atas bantuannya terima kasih

    • terima kasih sebelumnya udah baca blog saya pak :)

      pada prinsipnya, hebel harus diletakkan pada ring balok beton yang permukaannya telah dihaluskan. jadi apabila gunungan pak wawan sudah ada ring balok betonnya, bisa bapak gunakan. buat bagian atas gunungan, sebenernya sih tergantung pak wawan mau di bongkar atau tidak. tapi bila mau praktis, saya sarankan di bongkar :) soalnya nanti balok beton tersebut harus dilubangi untuk meletakkan pin pengunci serta merangkai besi beton untuk penguat struktur tersebut (gambar ada pada postingan tanggal 7 nov 2009)

      semoga membantu pak,

      • boleh tanya lagi ya pak emir,
        kalau untuk balok betonnya sendiri lebar minimumnya berapa ya pak? misalkan balok beton saya lebarnya sama dengan pasangan bata merah, apakah perlu ditambah lagi pak?
        tks again

      • Pak wawan,
        Sebenernya lebar pembalokan tergantung dengan beban dan bentangan. Karena saya menggunakan plat beton pada lantai 3 dan juga menggunakan dinding bata merah pada lantai dua (lebih berat pastinya daripada bata ringan), jadinya untuk bentangan 3 sampai 4m saya menggunakan profil balok 20x30cm dengan 4 tulangan.
        Semoga membantu

  12. Sangat menarik pak emir, pemaparannya.

    Mau tanya nih pak Emir.
    Kalau ada tanah 5×15, kemudian saya mau buat basement untuk garasi mobil, kemudian tingkat 1 dengan luas 50 m2, dan tingkat 2 dengan 55m , nah kalau ada dana 200 jt, bisa ga dibangun hingga sampai genting, atau dak hebel yang dijadikan genting seperti yang pak emir lakukan. Dan jika bisa bagian apa saja yang perlu ditunda, sehingga dananya cukup untuk sampai atas? Biar nanti secara perlahan-lahan sesuai adanya rezeki menggarap satu-satu bagian yang belum digarap, seperti lantai, finishing dinding, plafon, dll?

    Saya di sini sedang ragu2, apakah dengan uang yang ada saya hanya membangun 1 lantai dulu, untuk kmeudian jika ada uang merombaknya hingga jadi 2 lantai. Atau membangun kerangka rumah 2 lantai hingga genting/dak atas, untuk nantinya perlahan2 membangun bagian2 yang lebih terbangun, seperti lantai, finishing dinding, plafon, wc kedua, dsb. Jadi yang difinishing cukup 1 kamar dan satu wc saja, Sedang sisanya dicicil pembanguannya.

    Mohon sarannya Pak ..

    • Pembuatan pondasi lumatan mahal sih pak. kemaren waktu pembangunana, saya masih menggunakan 90% pondasi yang ada. Selebihnya hanya suntik kolom karena pondasi saya cuma buat 1 lantai. itu aja total biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 2jt/ m. Dengan adanya pondasi full dan 3 tingkat (garasi + lantai 1 + lantai 2) saya rasa budget segitu lom cukup pak. apalagi bahan bangunan naik sekitar 10% dari tahun lalu. hehe

      kalau saya sih, demi kepuasan desain, saya saranin untuk bangun garasi dan lantai 1 dulu. nanti atap lantai 1 menggunakan hebel yang di waterproof. jadi bila mau nerusin ke atas tinggal tambah keramik aja.
      semoga membantu :)

  13. Pak Emir, mau tanya…

    Saya berencana mengganti lantai kayu pd lantai 2 rumah kami dengan lantai hebel, kira2 secara teknis memungkinkan pemasangan lantai hebel tanpa membongkar plafon…? Tks.

    • Plafon yg dibawah lantai kayu bapak bisa dipertahankan pada saat pemasangan hebel, sehingga ruang dibawahnya masih dapat dipakai. Cuma sy masih belum jelas tentang kondisi detail pemasangan lantai kayu dengan dinding. Apa lantainya dijepit oleh dinding bata atau hanya balok lantainya saja. Soalnya hebel lantai harus diletakkan/ disanggakan pada ring balk. Untuk bangunan lantai kayu yang sudah menyatu antara dinding lantai 1-ringbalk-dinding lantai dua nya akan sulit diaplikasikan. Kecuali kalau dinding lantai dua nya jg terbuat dari kayu, bisa sekalian di renov jadi bata/ hebel :)
      Semoga membantu

      • Terima kasih Pak Emir…
        Lantai kayu di lantai 2 berupa balok kayu yg diletakkan melintang pada ring balk dan di atasnya dipasang dinding bata merah. Sedangkan lantainya berupa bentangan tripleks di atas balok2 kayu itu, kemudian ditambahkan parket kayu di atasnya (jadi lantai kayu tsb tdk dijepit oleh dinding). Apakah kalau akan dipasang hebel, maka balok2 kayu tsb harus dibongkar utk digaNti dg rangka besi/baja sbg tempat menyanggah hebel tanpa membongkar dinding…? Tks.

      • Ini baru teori ya pak :) sy jg belum pernah bikinnya :
        Sebenernya perltakan hebel cukup dengan diletakkan pada ringbalk, untuk kemudian diberi tulangan dan grouting. Jadi hebel tidak perlu besi penyangga lg di bawahnya.
        Nah masalahnya di atas ringbalk bapak udah ada dinding :) kalo saya sih kepikiran 2 cara, yaitu:
        1. Dinding di atas ringbalk lama dibuang 50cm tingginya untuk dipasangi hebel, atau
        2. Bikin dudukan baru di sekeliling ringbalk, bisa besi/ beton sedalam 10cm untuk dudukan hebel
        Either, teori ini lom pernah saya coba sih :)
        Semoga membantu,

  14. saya jd tertarik pakai hebel nih pak, tapi didaerah saya tidak ada tukang yg tau cara pasang hebel. apakah ada kontak tukang yg bisa pasang di daerah saya (cisauk serpong)?

    • Sebenernya kalau tukang, bapak bisa pakai tukang yg biasa bapak gunakan. Nanti ketipa pemesanan hebel, mereka bisa kasih orang untuk ngajarin tukang bapak, berikut supervisinya. Pengalaman sih lebih baik pakai tukang yg udah bapak percaya :)
      Semoga membantu

  15. saya senang dengan informasi hebel ini, tp rumah saya rumah lama ukuran Lebar 5 m dan panjang 18 m, perlu berapa titik untuk kontruksi cakar ayam nya…? dana berapa kira2x kisaran biayanya pak, terima kasih sebelumnya

    • Mungkin panjang 18m bisa Bapak bagi menjadi 7 kolom per 3m. Nanti bapak bisa gunakan Hebel lantai yg 3m Dengan total kolom 14 buah.
      Untuk budget, tergantung desain pak, tapi amannya sih minimal di angka 3jt/m2 mungkin untuk saat ini.
      Semoga membantu

  16. malam pak Emir….
    mau nanya pak..kira-kira kelemahan hebel (baik plat lantai maupun dinding) yang bapak jumpai di rumah bapak apa pak?apakah aman dari rembesan dan bocor jika tembok berbatasan langsung dengan tembok tetangga (maklum perumahan pak…)
    rencananya kami mau renov rumah..mohon saran dari bapak…
    terimakasih banyak…

    • Kalau untuk hebel sih, saya pikir ada bbrp minusnya, diantaranya:
      - Hebel lantai lebih tebal (12-15cm) ketimbang lantai beton cor konvensional (8-10cm)
      - Hebel dinding sebaliknya lebih tipis daripada pasangan bata merah, sehingga untuk dinding yg terekspos matahari, saya saranin pake pasangan bata aja :)
      - Hebel pastinya lebih mahal (8rb-10rb/pcs) dibanding bata (500/pcs)

      Buat dinding tetanggaan sih, bagus aja tergantung campuran adukannya pak. Kalau hebel ada khusus adukan waterproof kalau ngga salah :)

      Semoga membantu

  17. Pak Emir,
    bbrp waktu lalu sepertinya saya sudah posting pertanyaan tapi kok ga ada ya? hehe
    kami baru mulai renov rumah. rencananya lantai 2 dan 3 (untuk extensive garden) ingin memakain hebel.
    secara general ukuran dak 9mx14m (pakai balokan 3m ya?). pertanyaannya:
    - apakah aman memakai dak hebel untuk extensive rooftop? apa saja tipsnya selain yang sudah ada diblog Pak Emir ini?
    - untuk kamar mandi, apakah memakai dak hebel juga?

    memang benar, harga di hebel lebih tinggi daripada yang tertera pada webnya hebel :(.

    terima kasih sebelumnya Pak..

    Regards,
    wendy

    • Hehe, sepertinya postingan pak wendy terhapus, soalnya saya belum pernah baca :)
      untuk ukuran pembalokan dak, memang lebih baik memakai modul 3m pak.
      Sejauh ini, dak hebel saya tidak banyak menimbulkan masalah, kecuali pada bagian bolongan untuk pembuangan airnya. saran saya, lebih baik airnya di alirkan keluar dak, baru di tampung di talang, daripada membolongi dak nya itu sendiri untuk talang.
      Yang perlu diperhatikan juga yaitu lapisan waterproofing. baik di dak maupun tembok. karena setelah berjalan 2 tahun, beberapa lapisan tampak mulai mengelupas dan butuh perawatan.
      Untuk kamar mandi, saya juga menggunakan hebel, tetapi bukan kamarmandi basah pak. lebih ke kamar mandi kering karakternya. tapi selama waterproofingnya bagus sih ngga apa-apa menurut pihak hebelnya.
      soal harga, bila rumah yang akan di renov tidak terlalu memerlukan kecepatan pembangunan, mungkin akan lebih murah cor beton konvensional.
      Hebel sangat disarankan bila kita ingin menambah lantai 2 tanpa harus pindah rumah/ lantai 1 nya tetap ada kegiatan, misalnya :)
      Semoga membantu dan selamat merenovasi :)

  18. Website inilah yg saya cari-cari tentang panel lantai. Makasih pak atas sharing nya.
    Saya ada pertanyaan tentang biaya renov rumah. Saya terkejut tentang biaya per meter menggunakan panel lantai sampai 3juta/m(postingan Berto : December 26, 2012 at 4:55 pm)
    Ini biaya apa saja ya? Kok bisa sampai sebesar itu?
    Kalau biaya untuk beli dan pasang panel lantai kira-kira berapa ya untuk luas 64m2?
    Saya sudah melakukan perhitungan(sangat kasar–maklum bukan orang sipil) berapa banyak panel dan uang yg harus saya keluarkan menggunakan calculator dari hebel http://www.hebel.co.id/id/budget-calculator/
    Untuk luas bangunan 64m2, beli panel nya habis 22juta
    jadi di pikiran saya untuk renov rumah tambah lantai, saya hanya perlu 50juta(panel lantai, tembok lantai 2, atap baja ringan, genting)
    Belum dikramik, kusen belum. Untuk finishing nyusul.
    Mohon pencerahan..
    Rumah saya di Bintaro dan lagi mencari-cari info tentang panel lantai ini.

    • Mas Ardianto,

      Saya coba bantu ya :)
      Buat harga /m2, emang suka ada beberapa kerancuan. waktu saya memberikan hitungan kasar 3jt/ m2 itu maksudnya sudah berikut material lantai+dinding+atap, tukang dan finishing. Jadi sudah termasuk hebel lantai, pasangan bata, dan keramik.
      Hal tersebut didasarkan pada hitungan waktu saya renov tahun 2008 + perkiraan kenaikan harga 10% per tahunnya. Dari harga tersebut, biasanya perbandingan biaya material dan tukang sekitar 60-40 sampai 50-50. Kalau harian, dulu tuh bisa sampai 500rb/ hari untuk lantai dasar :0 lantai dua beda lagi. Kalau pembangunan 6 bulan aja udah 90jt :(
      Salah satu alasan pilihan saya pakai hebel yaitu untuk memperpendek waktu pembangunan, sehingga biaya hebel yang mahal bisa di kompensasi dari biaya tukang. dan waktunya jadi lebih cepat selesai :)
      semoga membantu,

  19. Selamat malam Pak
    Saya berencana renovasi gubuk mungil saya yang berukuran 5 x 14m menjadi 2 lantai. Kira2 untuk dak saja berapa biaya kalau saya menggunakan lantai hebel?
    Terima kasih

  20. Mohon info Pak, utk waterproofing lantai hebel atap: setelah hebel terpasang, diberi pasangan PM 600 + diatur kemiringannya, lalu dilapis waterproofing (pakai apa Pak?), jika seperti ini saja, tanpa dipasang keramik, apkah sdh kuat & aman tdk rembes airnya? tk

  21. Pak, jika hebelnya langsung dilapisi dgn sika-top, setelah itu diplester, lalu diberi sika top lagi (utk mencegah agr tidak trjadi rmbesan, plesterannya apakah bisa menyatu/ akan terkelupas? Plesterannya dgn pasir laut+semen atau dgn PM 600 Pak? Terima kasih

  22. Misi pak ikut nimbrung, hehehe….
    saya berencana bangun rumah 2 lt, nah saya tertarik untuk dak-nya (lt.2) memakai plat lantai hebel, karena harganya menurut saya jauh lebih murah, kemarin saya tlp hebelnya, untuk plat hebel kondisi terpasang + grouting 3cm itu kenanya sekitar Rp.390rb/m2, nah kalo dibandingkan dengan dak konvensional yg 850rb/m2 kan lumayan banget tuh pak.

    yang saya ingin tanyakan justru masalah kekuatan dan ketahanannya plat lantai hebel ini, bagaimana pengalaman bapak, apakah plat lantai ini memang kekuatannya memadai untuk dijadikan lt.2 (karena di atasnya pasti ada beban hidup dan barang yg lumayan kan pak, terlebih saya berencana bikin bath-tub dan akuarium besar), apakah aman dan bagaimana juga mengenai ketahananannya (umurnya)?

    semoga bapak mengerti maksud saya dan memberikan sharingnya disini

    btw…thanks for making this blog, its gooooodddd…..

    • Makasih pak Edo :)

      Saya coba bantu y. Sebenernya di web resmi hebel udah ada itungannya ko.
      Disana ditulis beban imposed (beban hidup + material ‘finishing’) sekitar 355 kg/ m2. Bila diperkirakan beban finishing 100kg/m2 (misalnya pakai marmer yg tebal) berarti berat furniture yg tersisa tinggal 255kg/ m2. Apabila bapak mau bikin aquarium dengan ukuran 2m x 1m x 0.8m maka beban air sekitar 1.6 ton. Saya menyarankan untuk pakai tulangan tambahan dibawah aquariumnya :)
      Tentu beban tersebut akan lebih ringan bila hanya pakai keramik tile dan ukuran aquarium yg lebih merata (2m x 0.8m x 0.5m ) misalnya :)
      Semoga membantu,

      • Nyambung pertanyaan pak, kalo groutingnya pake semen biasa + pasir pasang perbandingan 1:2 bisa disarankan gak pak, mengingat harga akan lebih murah daripada pm600 sehingga kita bisa grouting lebih tebal sebagai kompensasinya. Ini bicara untuk lantai dak atap ya pak dengan tujuan mengantisipasi bocor. Btw yg bapak bilang dalam 2 thn sudah pada kelupas dan butuh perawatan itu yg mana ya pak, apakah plat lantai nya juga?
        Thx a lot yo…….

      • saya coba jawab ya pak,

        kalau sya sarankan pakai grouting khusus hebel. lom pernah coba kalau pakai semen pasir biasa. mungkin pihak hebel lebih bisa menjawabnya pak. saya pakai grouting dulu lalu lapisan waterproof semen untuk lantai 3. ditutup dengan cat waterproof. nah cat waterproof itu 2 tahun udah ada yg mengelupas. mungkin karena terlalu sering ke ekspos matahari.

        semoga membantu

  23. Pak nimbrung nanya, sama dengan yang lainnya, rumah dijadiin 2 lantai, kondisi saat ini :
    1. Pondasi masih untuk satu lantai
    2. Luas lantai yang akan dijadikan lt 2, 75 m2
    3. Tambaahan untuk carport, atasnya juga saya mau pake hebel (kurang lebih 6 x 4 m)
    Mohon bantuannya untuk : pondasi ? perkiraan biaya? dan untuk poin 3 apakah disarankan menggunkan hebel. tks
    Mo

    • Pertama2, pondasi harus diperkuat untuk 2 lantai. Bisa disuntik beton tambahan agar tebal tembok tidak berubah.

      Tahun 2009 biaya per meter bisa kami tekan sekitar 2.4jt. Dengan perkiraan kenaikan 10% per tahun, mungkin sekitar 3.4jt per sqm tahun ini.

      Mungkin bila semua pakai hebel, termasuk carport, akan lebih mudah dan cepat pengerjaannya.

      Semoga membantu

  24. Terimakasih Pak, untuk suntikan pondasi, modelnya seperti apa? apa perlu dibongkar? trus kolom strukturalnya dibesarin?
    Perkiraan 3,4 apakah termasuk atap dan finishing? rencananya atap mau menggunakan struktur alumunium, berhubung rayap sudah merajalela ditempat saya.
    Terimakasih Pak

    • Suntik beton itu istilah untuk memperkuat struktur yang sudah ada. Kolom beton diperbesar volumenya hingga pondasi. Saya menambah volume kolom dari 12×12 (std 1 lantai) menjadi 12×24 agar tetap rata tembok.

      3,4 itu harusnya termasuk pondasi, lantai, tembok, atap dan finishing. Saya dulu itungnya total biaya dibagi luas lantai yang dibangun.

      Semoga membantu,

  25. Saya berncana inign renovasi rumah jadi 2 lantai dengan menggnakan bata dan lantai ringan hebel, mohon pencerahan Pak Emir untuk hal yang saya masih belum tahu ini.
    Bagaimana ketahanan lantai hebel ini terhadap gempa, jika dilihat pemasangannya hanya diikat besi diatasnya sedang pertemuan dengan balokan-nya tidak diberi semen, apakah tidak bergeser pak?.
    Jika ukuran balokan 20×30 cm, bibir lantai hebel yang ada diatas balokan itu berapa cm pak?, klo saya pasang dinding untuk lantai 2 ini, apakah bisa lansung diatas lantai hebel-nya?, untuk dinding hebel apakah bisa diplester seperti dinding bata merah?

    Terimakasih

    • Pak Fauzi, untuk ketahanan gempa, mungkin bisa baca di website nya langsung buat speknya :)
      Kalau ukuran 20×30, berarti hebel bertumpu 10cm-10cm mestinya, dikurangi ikatan besi dan beton mungkin sekitar 8cm masing2.
      Dinding hebel bisa langsung diaplikasi diatas dak dengan adukan grouting mengikat pada ikatan besi yg tadi itu pak. Acian dan adukan untuk hebel ada yg khusus, lebih seperti lem dan diaplikasikan tipis. Saya saranin beli itu aja.

  26. Pak bagaimana memasang angkur untuk hebel lantai kalau balok 20×30 sdh jadi tapi angkur blm ada?
    terima kasih.
    abdulrahman

    • Fungsi angkur itu sebenarnya buat pengikat antara balok dengan grouting hebel. Kalau belum ada, bisa kita bor dan isi dengan besi cor atau pakai dynabold yg panjang juga bisa. CMIWW
      Semoga membantu

      • salam hormat Pak Emir,
        tulisan-tulisan bapak dan jawaban atas pertanyaan di blog ini memantapkan saya untuk menggunakan hebel untuk solusi lantai 2 rumah saya, dua tahun yang lalu. sangat membantu sekali, terima kasih Pak Emir atas ilmunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s