IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Nah, ini dia proses yg sangat mudah tapi jarang dilakukan oleh pemilik rumah. Dibayangi pengurusan yang ribet, takut di pingpong, atau sekedar malas, kita sering menyerahkan pengurusan IMB pada pihak ketiga.
Kami juga baru melakukan pengurusan IMB satu bulan setelah pembangunan di mulai. Dan pengurusan hanya memakan waktu 1 jam, dengan mendapatkan papan IMB dan tanda terima.
Berikut persyaratan IMB untuk daerah Bekasi (mestinya sih sama aja untuk tiap daerah) :
– Fotokopi KTP yang sama dengan Nama di Sertifikat
– Fotokopi IMB lama
– Fotokopi Sertifikat
– Fotokopi PBB terakhir
– Surat ijin tetangga

Untuk item terakhir, copy blangko kosongnya minta ke kelurahan aja. Untuk pembangunan di lokasi perumahan, tandatangan cukup sampai RT/RW, tetapi apabila di luar perumahan, maka diharuskan tanda tangan Lurah dan Camat. Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya sengketa status tanah yang akan dibangun, secara perumahan umumnya sudah memiliki sertifikat Hak Milik/ Hak Guna Bangunan.
Pada pengurusan ijin tetangga, kami terlanjur minta ijin hingga kecamatan. Masing2 dikenakan 50rb tanpa kwitansi untuk sebuah tandatangan.
Pengurusan IMB dilakukan di BPPT. Prosesnya pun relatif cepat dengan patokan pajak harga 15rb per m2 dengan administrasi 500rb (bisa di tawar loh, Hehehe) . Dan lagi2 tanpa kwitansi. Hanya tanda terima. Proses pengerjaan IMB perumahan sekitar 3-4 minggu. Dengan luasan 115m2 pajaknya 1.7jt plus 200rb. Total 2.2jt.
Paling engga papan IMB langsung dapet dan terbebas dari kunjungan orang2 kelurahan yang menawarkan jasa pengurusan IMB. Hehe

About these ads

7 thoughts on “IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

  1. Kalau ada yang memerlukan bantuan pembuatan IMB untuk DKI Jakarta dan sekitarnya (JABODETABEK) bisa hubungi Bp. Endang di 021 7875537 atau 085695690071. Beliau berpengalaman dalam mengurus IMB. Beliau bukan makelar kok. Beliau adalah pensiunan dari kantor Walikota yang tugasnya dulu adalah mengurusi masalah IMB di kantornya. Saya pernah dibantu beliau sampai IMB saya selesai dan saya bisa bangun rumah saya seperti sekarang. Malah pas sudah selesai saya tanya ke beliau harganya berapa untuk jasanya, beliau cuma bilang terserah saya saja mau kasih berapa….

  2. yang sering jadi masalah dalam pengurusan IMB adalah orang P2B di lapangan.. ini dia yang sangat menyebalkan dan kadang terkesan pemerasan… dan mereka itu menunggu sampai sudah selesai baru mengatakan bahwa ini menyalahi aturan dan harus dibongkar. kalau tak mau, harus nego… ini dia yang jadi masalah… negonya pun ndak kira kira…

    • hmm, mungkin ada oknum satu-dua yang membuat bisnis tidak sehat dalam proses perijinan rumah. ya moga2 hal yang seperti mas katakan ngga terjadi pada teman-teman. yang penting sih :
      – kalo bisa, sedapat mungkin perijinan di urus sendiri ke kantor pertanahan setempat
      – pastikan dapet tanda terima berupa kuitansi dan plat tanda IMB telah terbayar
      – minta kartu nama dan nomer telponnya. kalo bisa sih diem2 di foto (just in case aja)
      – kalo bisa sih malah di rekam aja percakapan waktu pembuatan IMB (kalo udah ngga percaya banget. hehe)

      tapi.. sebenernya sih, pada saat IMB jadi, kan terbit gambar denah dan tampak yg disetujui oleh mereka. mestinya kalo ngga ada perubahan, mereka ngga bisa seenaknya suruh bongkar.
      yaa moga2 aja hal yg di atas ngga terjadi.
      moga2 dengan niat yang baik, akan menghasilkan hal yang baik juga. Amiiin :)

      Regards,
      Emir

  3. salam kenal,

    setelah baca blog diatas, disebutkan bahwa proses pengurusan IMB dilakukan setelah 1 bulan proses renovasi berjalan *tolong dikoreksi kalau salah*. saya pun sedang melakukan renovasi, kurang lebih berjalan 1 bulan dan baru akan mengajukan IMB. yang menjadi pertanyaan saya , apakah ada masalah dengan petugas saat melakukan survei karena sudah terlanjur membangun? karena saya pikir hal ini yang akan menjadi celah untuk oknum2 melakukan pungli…… mungkin saya memang salah telah membangun tanpa ijin tapi saya juga nggak rela kalo jadi bahan pemerasan nantinya *mudah2an sih tidak*

    terima kasih banyak……

    • :) iya mas, saya baru melakukan pengurusan ijin ketika pembangunan telah berjalan 1 bulan. Waktu itu, memang sudah ada beberapa orang yang menawarkan jasa pengurusan IMB. Sampai akhirnya ada petugas kelurahan yang datang dan menawarkan juga masalah pengurusan IMB juga.
      Kami kemudian memutuskan untuk mengurus IMB sendiri ke bagian pertanahan 2 hari setelah orang kelurahan itu datang. Sesampainya disana, ternyata pengurusan IMB sangat mudah. Setelah di hitung biaya per meternya (berbeda di tiap daerah), langsung di bayar, dan diberikan tanda terima beserta plat ijin membangun (harus dapet mas, soalnya kalo udah dapet plat itu, dijamin bebas gangguan).
      Tanda terima itu di copy, trus tempel aja di pintu bareng plat IMB. Jgn lupa di laminating biar ga luntur. Surat IMB beserta denah resmi jadinya 1 bulanan setelah diajukan.
      Semoga berhasil :)

  4. salam kenal mas emir,

    saya ada rencana mau renovasi rumah, yang ingin saya tanyakan selain persyaratan di atas apa juga perlu dilampirkan denah dan tampak dari rencana rumah yang akan kita renovasi? kebetulan rumah saya ada di pojok (hook), apa nanti bisa saya bangun seluruhnya, atau terkena garis sempadan? terima kasih

    • Salam kenal juga mas pri

      Untuk persyaratan pengurusan IMB tampaknya sama di semua tempat. Tampak dan denah juga diharuskan. Tapi kalau ngga ada, bisa minta tolong petugasnya untuk digambarkan (tp ngga tau deh biayanya). Coba aja tawar2 mas :) atau gambar tangan aja di loketnya langsung. Nanti di gambarin.
      Rumah di hook harusnya bakal kena sempadan di dua sisi mas. Tapi pada pelaksanaannya banyak yg menyisakan sempadan pada tampak depannya aja ko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s