Pemasangan Hebel Tahap 2

Pemasangan hebel untuk lantai 3 membutuhkan 2 tahapan pengangkatan. Tahap pertama, hebel di angkat ke lantai 2 dengan tumpukan maksimal 3 modul. Disana hebel di potong untuk menyesuaikan panjang dari tumpuan balok. Baru di angkut lagi ke lantai 3.

Pada lantai 3, hebel pengunci diletakkan pertama kali pada bagian yang memiliki tulangan kolom. Untuk itu, hebel kembali di potong untuk menyesuaikan bentuk permukaan tumpuan..

About these ads

59 thoughts on “Pemasangan Hebel Tahap 2

  1. salam kenal pak…
    saya yulianto,dalam waktu dekat ini kan merenovasi rumah d tangerang
    pak saya mo tanya info tukang yang bisa mengerjakan pasang hebel…..
    mohon infonya sekalian biaya perhari/borongan
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

    • kalau tukang sih bisa pakai siapa aja kenalan pak yuli. saya sih lebih seneng pake tukang sendiri pak kalau mau renov. enak aja hubungannya jadinya :)
      untuk pemasangan hebel, bapak bisa minta staf ahli mereka untuk dateng ko. nanti dia bakal itung kebutuhan hebel dan groutingnya. dan juga ngajarin tukang cara pemasangan. tukang yang saya pakai juga belum pernah punya pengalaman pasang hebel ko.
      tapi kalau bapak mau pake tukang saya juga boleh :)

  2. salam kenal pak, saya sedang mencari info untuk bikin dak, dan ketemu blog anda :) boleh tanya soal kekuatan dan biayanya pak…dan membelinya dimana ya (toko yg menjualnya)
    terimakasih

    • Untuk hebel ukuran 300x60x12cm, kekuatan yang dicantumkan adalah 350kg/m2. untuk lengkapnya bisa dilihat di http://www.hebel.co.id/spesifikasi/panel/panel-lantai/
      setiap toko bangunan udah banyak yang jual ko pak. bisa beli satuannya per pcs, atau dihitung per m3 (meter kubik). Atau bapak bisa hubungi ke :
      PT. Reksa Prabawa
      Pusat Perdagangan Bahan Bangunan & interior
      Jl. Mangga Dua Raya Blok F-1 No. 1 Jakarta 10370, INDONESIA
      Phone: (62-21) 6009939, ext: 4029, 4021, 4026, 4041, 4042, 4043, 212, 213
      Fax: (62-21) 6245576, 021-6125426
      SMS Customer Care: 0812-19178686
      E-mail: marketing@hebel.co.id

      itu alamat perusahaannya dr web. saya sih ngga ada hubungannya sama hebel. saya beli di toko bangunan terdekat

  3. wah..selamat ya rumahnya sudah mau jadi..
    hari ini say liat-liat harga promo hebel Rp 295rb/m
    (termasuk pemasangan lagi)…

    bagi pengalaman dong..
    saya punya kamar 4×4 yg belum jadi di lantai 2.
    atasnya aku mau di dak lagi buat gudang..
    kalo temboknya sudah mentok kanan tetangga, kiri kuda-kuda
    trus tumpuan hebelnya apa ya..
    thx.. banyak

  4. Selamat pagi,…
    salam kenal.
    saya dhanar dari cikarang,..
    Mau tanya..untuk dak hebel ini bisa sampe bentangan berapa meter nya?
    klo untuk harga kira2 berapa ya pak sekarang?
    klo untuk per m2 perseginya kira2 berapa rupiah?
    maaf banyak nanya..
    terima kasih banyak..

    • Hehehe.
      Justru saya menggunakan hebel untuk dak atap. Nanti rencananya akan saya buat roof garden. Tapi saya belum olah detailnya. Baru beberapa eksperimen. Nanti kalo berhasil saya akan posting disini.
      Semoga sukses,

    • Dinding hebel bisa dipasang pada plat lantai tanpa dinding bawahnya asalkan ada pembalokan pak. Tanpa ada pembalokan dibawah plat, sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kekuatan struktur. Selain itu sifat plat lantai yang seperti membran dapat dengan mudah menimbulkan keretakan pada dinding.
      semoga membantu pak,
      Emir

  5. saya tertarik untuk mslh pembalokannya pak, kira2 itu ukuran ideal baloknya brp ya? dan untuk ukuran 40m2 brp jumlah hebel yg dibutuhkan?

    • Mas fazli,
      Ukuran pembalokan biasanya dihitung dari beban dan panjangnya bentangan. Saya pakai profil 20x30cm unstuck bentangan 3-6m. Alesannya slain bentangan juga karna mau ada lantai 3 dan juga butuh dudukan untuk hebelnya.
      Untuk 40m2 tergantung bentangan. Lebar hebel sekitar 50cm. Kalau 4x10m butuh sekitar 20 unit @ 4 x 0.5m. Kalau 8x5m butuh 2 x 4m x 5m pembalokan. Butuhnya sama :)
      Semoga membantu,

  6. Selama ini penggunaan hebel kan untuk lantai biasa aja, gimana kalo ada rencana bikin kamar mandi + WC di lantai 2? ada yg bisa bantu? atau bagi2 pengalaman?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Dear Rony,
      plat lantai hebel bisa ko untuk diaplikasikan di lantai 2. Untuk pengisian, kita pakai grouting yang waterproof ditambah sama lapisan waterproofing. baru diaplikasikan keramik kamar mandi.
      semoga membantu,

  7. mau tanya nih pak,..saya mau dak ukuran 6x5m klo pake hebel lantai perlu struktur balok TIDAK? jarak berapa UKURANNYA?
    DETAIL PEMASANGANNYA….

  8. saya mau konsultasi dong pak..rencana ada rencana ngedak rumah jg… boleh dikirim alamat emailnya pak? tks

  9. Apa pertimbangan bapak memakai plat lantai hebel tetapi tetap memakai dinding bata, baik sisi luar maupun partisi dalam?
    Apa pernah memikirkan untuk menggunakan hebel untuk tembok?

      • Bagaimana cara pasang hebel bila rumah sdh ada dinding beton tp lantai msh kayu dan mau diganti pake hebel, apa dindingnya harus dihilangkan dulu buat dudukan hebel?

      • kalau sudah ada dinding akan lebih mudah di beton cor kayanya mas. karena plat lantai hebel harus menduduki balok betonnya dan diangkur ke
        ringbalk. Kalau mau coba tetep pakai lantai hebel harus konsultasi ke perusahaannya langsung enaknya. gratis ko kalau ngga salah mas.
        semoga membantu,

  10. pagi pak ,sy liani,mau tanya klu mau meninggikan lantai 80 cm di lantai dasar,bgmana untuk mengunakan hebel, apa harus diisi puing dll,luas lantai 6*3 harus pakai berapa behel,dan harus pakai pasir dan semen lg tidak, thax sebelumnya

    • Bu liani,

      Konsep penaikan level lantainya gimana? :)
      Kalau mau sistem panggung (bawah lantai kosong) bisa pakai hebel dan ngga usah diisi puing lagi :) untuk luasan 6x3m bisa pakai unit hebel 300x60cm sebanyak 10pcs tanpa pembalokan tambahan.
      Tapi kalau mau jadi lantai solid biasa, lebih murah pakai semen pasir aja :) nanti bisa dibantu puing untuk menaikkan lantainya :)
      Semoga membantu,

  11. Kebetulan saya mau renov rumah. rencananya tingkat dua tetap pake cor biasa. trus tingkat tiga (setengah saja untuk gudang dan jemuran), saya rencananya pake hebel. dindingnya akan pake hebel. Saya sempat mikir, jangan2 hebel bagus juga buat dak lt2? Tapi kata tukang yg terbiasa pake cor biasa, dia bilang cor biasa lebih oke.

    Pertanyaan saya:
    1. apakah hebel kuat buat dak di lt2 yg nantinya akan ada 3 kamar dan aktivitas harian?
    2. apakah lantai hebel itu kalau kita jejak dg kaki akan bunyi dung-dung kayak dak keraton (keramik-beton)?
    3. kalau lt2 daknya hebel, apakah cukup baik jika dindingnya juga pake hebel?
    4. kalau mempertimbangkan dak lt2, antara pake cor biasa (pake truk molen itu aja order cornya) VS lantai hebel, kira-kira perbandingannya seperti apa ya? Masih murah hebel apa cor biasa?

    Terima kasih.
    Website Anda sangat membantu dan informatif.
    amir

    • Pak Amir, makasih udah tertarik sama blog saya :)

      Hebel sebenernya paling cocok diaplikasikan apabila kita membutuhkan kecepatan dalam membangun. Saya pakai hebel untuk lantai 2 yang jadi aktivitas harian kami. Pengerjaannya relatif cepat, hanya 2 hari semua plat lantai diangkat dan dirangkai. Hari ketiga aplikasi grouting (semacam plesteran untuk hebel). Rapih dan tanpa banyak kayu sisa bekisting.
      Dinding sy pakai bata merah soalnya lebih murah :)
      Semoga membantu

  12. malam Pak Amir… saya aru nemu blok ini ,,, dari kemaren iseng2 cari2 tentang hebel..
    Mohon pencerahannya saya mau dak pake hebel luas 6 x 12 kira2 memutuhkan berapa panel untuk cakar ayamnya dan membutuhkan kolom berapa ya pak ,, saya tanya2 tukang belum ada yang berani untuk pasang lantai hebel ini dan saya sangat ispiratip dengan blok bpk… mohon penjelasannya secara detail.. dan bila ada referensi tukang boleh Pak no telponnya… terima kasih,

    • Dear pak Koko,

      Sebelumnya, terimakasih sudah tertarik dengan blog saya :)

      Untuk lantai luasan 6x12m, bapak bisa pakai satuan pondasi per 3x3m atau 3x4m. Tergantung sistem ruang di bawahnya.

      Untuk tukang, sy sarankan pakai tukang yg biasa bapak pakai saja. Nanti minta pihak hebel untuk mengajarkan cara pemasangannya :)

      Semoga membantu,

  13. Terima kasih atas responya pak .. kalau misal saya buat 3×4 berarti membutuhkan 12 tiang penyangga ya pak,, klu boleh tau pak untuk biaya dak rumah saya + buat tiang cakar ayam kira2 berapa ya pak,,, soalnya dananya pas pasan,, he,,,he,,he,, mohon responya ke email pak ya klu boleh no tlp bpk siapa tahu butuh sharing2,,,,, taks ya pak,,

  14. selamat soree ….. salam kenal dengan sy Yurry ….
    sy tertarik dengan pengunaan material hebel, baik Panel lantai, maupun balok, dan ada rencana untuk mengunakan nya di lantai 2,
    pertanya sy ….
    1. Apakah blok hebel bisa langsung di cat ???? bagaimana cara merapatkan pori-pori yg ada di blok & panel hebel ????

    Trimkasih, mohon info nya

    • Makasih udah tertarik sebelumnya :)

      Mungkin yg dimaksud adalah hebel untuk tembok y? Sehingga efek bata expose?
      Kalau iya, ada cat khusus untuk aplikasi itu, sehingga menutup pori2 dan aman untuk outdoor. Di ace hardware ada kalau gasalah cat nya :) bahkan ada yg langsung diaplikasikan langsung jadi tembok kolam
      Semoga membantu

  15. trimakasih atas info nya … boleh minta rekomadasi tukang yg pasang lantai hebel & blok hebel di daerah Bandung, mohon info nya, trimakasih

  16. pak, mau tanya..untuk mengangkat pelat lantai hebel ke lantai 2 dan lantai 3, menggunakan alat apa?apakah harus menyediakan crane ? terima kasih.

  17. Membaca artikelnya tentang plat lantai habel sangat menarik sekali
    saya tinggal di perumahan dan di belakang rumah masih ada tanah sisa sekitar 3x6m dan saya berencana membuat kamar di atas dan dapur di bawahnya bila saya menggunakan lantai habel perlukah saya menyuntik pondasi /membuat tiang karena di sekeliling bangunan sudah ada pagar nya
    terimakasih

  18. Mlm pak, saya rencana dak lantai 2 luas 6x6m dengan plat lantai hebel ini. Tapi saya cari2 di toko material daerah jati uwung , Tangerang kok gg ada & andaikan order jg tidak siap melayani pengadaan’y. Tlg info agen/distributor’y di lokasi saya? o yaa, untuk harga saat ini berapa harga / m2, atau harga satuan’y dengan bentang 3m. Makasih info’y pak,,,

  19. Slmt sore pak,
    Saya sedang merencakan bangunan 2 lantai di cibubur, dg fungsi lantai dasar untuk parkir mobil (2 mobil atau 3 mobil) lantai atasnya untuk musholla. dan harga permeter plat lantainya berapa? ukuran panel lantai yg standar tersedia berapa pak? jika jarak bentangan lebih dari 6 meter.

    Tks

  20. Slmt siang pak
    Mohon info unt pembuatan dak panel lantai hebel unutk ukuran 2 x 4 unt kmr. ass RT dan ruang jemuran dan dibawahnya unt kamar mandi ass. RT, apa saja bahan yg diperlukan untk pemasangan dak panel lantai hebel ? kisaran biaya (termasuk bahan2 & upah pengerjaan) ?

    • Biaya material saya kurang update pak. Tapi biaya tukang bisa sekitar 800rb/ m2/ lantai. Mungkin bila kualitas sedang total anggaran sekitar 3jt/ m2/ lantai. Kalau ruangan 2x4m x 2 lantai = 16m2, budget minimal sekitar 54jt :)
      Semoga membantu

  21. Salam kenal pak emir,
    Saya berencana renov rumah type 36, pada bagian belakang mau saya dak sekitar 6×4.. Saya buta sekali ttg bangunan, tapi suami saya ada di luar kota menyerahkan kesaya, saya bingung pak.. Gmn memulainya, Bisa tolong bantu saya,, kira2 apa kebutuhannya dengan barang2 yg murah tapi berkualitas.. Dana yg kami pny juga terbatas,kira2 brp ya dana yg hrs saya siapkan.. Rumah kami msh bangunan aseli developer blm ada cakar ayamnya.. Klo bapak bisa bantu kasih reff bahan bangunan didaerah cipondoh tangerang.. Terimakasih

    • Pemilihan material dak beton konvensional (adukan beton dengan cetakan kayu) merupakan pilihan termurah tapi waktu pembuatan terlama. Penggunaan dak beton menggunakan precast (beton tinggal di rangkai) merupakan pilihan dengan waktu pembuatan tercepat tetapi biaya yg dikeluarkan lebih mahal.
      Diantara keduanya, beton dengan cetakan bondex pilihannya.
      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s