Warna Cat Interior

Cat yang dibeli :
– Vinilex Pro Lily White, harga 340rb untuk 1 pail (20kg). Kebetulan lagi promo beli 2 gratis 1. Hehehe
– Bitalux Teduh 5kg (biru muda)
– Bitalux Kings Blue 5kg (biru langit)
– Bitalux Mustard 5kg
– Bitalux Suede 5kg
– Bitalux Lolipop 5kg (merah muda)
– Bitalux (merah muda)
– Bitalux pinus (hijau muda)
– Bitalux (hijau daun)
– Catylac Plamir (5kg) harga 35rb

Bitalux kami pilih karena memiliki beragam warna. Dan cat ini juga menyediakan sample cat unik sehingga membantu dalam pemilihan (lihat bagian Pemilihan Warna Cat).

Untuk pengecatan tembok kamar ukuran 3x3m sampai 3x5m, kami menggunakan 1 kaleng cat 5 kg sebagai aksen warna, dan 2 kaleng cat dasar. Jadi rata2 setiap kamar memerlukan biaya 150rb.

37 thoughts on “Warna Cat Interior

  1. jadi gmn hasilnya pake cat bitalux?memuaskan?!

    recommended gak, dibanding vinilex bagusan mana, and udah nyoba mowilex gak?

    saya juga mo ngecat nih…
    katanya di mitra10 kita bisa combine warna ya…

    • Hehe. Bitalux jelek pak. Warna ungu tuanya ga bisa solid, dan menimbulkan noda kalau kena basah. Tuh saya udah bikin reviewnya di blog.
      Kalo Vinilex bagus. Mowilex lebih ok lagi menurut saya. Warna yg dihasilkan solid. Mowilex tu warna saat cat basah dan kering ga ada perbedaannya pak. Jadi what you see is what you get gitu.
      Kalo mau bikin warna di mitra10 juga bagus ko. Mereka pake yg acrylic emulsion kalo ga salah. Selamat bereksperimen warna :)
      Thx,
      Emir

  2. lagi bunging nih, tadi di ace hardware juga nemu merek royal, katanya asli amrik bagus punya…

    kalo danabrite vs catylac vs vinilex mena yang recommended
    kalo dari harga disini vinilex yang paling tinggi…

    btw ini vinilex yang diomongin yang tipe 1000 ato 5000?

    • Royal bagus ko. Yang bisa di campur2 warna itu kan ya? Dia acrilic emulsion base kalo ngga salah.
      Saya berhubung bekerja di sektor artistik, pilihan cat selalu antara vinilex atau mowilex. Kalo untuk warna pastel saya pilih vinilex, tp kalo untuk warna solid spt hitam, biru, atau merah, saya pilih mowilex. Tipe vinilexnya lupa euy. Tp kalo ga salah yg warna kalengnya putih dan ada ikannya :)
      Harga sih emang rada tinggi. Makanya ngga saya pake buat bangun rumah saya. Hehe. Ga sanggup :) cukup di kerjaan aja deh.
      Thx,
      Emir

  3. kualitas Vinilex Pro 1000-nya gimana ya pak? apakah bagus? mengingat dimana2 untuk pembelian vinilex pro 1000 sebanyak 2 pail gratis 1 pail. saya jadi agak ragu dengan promosi yg trerlalu berlebihan. terima kasih..

    • Vinilex gradenya ada di pertengahan pak. Untuk warna2 basic, vinilex cukup bagus ko. Sebaran warnanya merata.
      Tapi bila bapak rencananya ingin menggunakan cat tembok sekelas mowilex atau dulux, ada baiknya jgn dicampur dgn merek lain. Soalnya, apabila cat awalnya vinilex lalu ingin dilapisi dgn cat sekelas mowilex, nanti bapak harus mengerik cat lamanya dulu, karena tidak satu senyawa.
      Warna2 mowilex atau dulux lebih lengkap, terutama warna solidnya.
      Kalau bisa, jgn melapisi cat dgn yang beda merek. Gosipnya sih, jgn melapisi cat murah dgn cat mahal :)
      Semoga membantu,

  4. pagi pak,
    mau tanya, kl cat exterior awal nya memakai cat mowilex, kemudian ingin melakukan cat ulang, harus menggunakan mowilex lagi atau bisa menggunakan dulux ga y?
    dan apakah harus disealer dl ga ya?

    thanks

  5. pagi pak,
    mau tanya, kl cat exterior awal nya memakai cat mowilex, kemudian ingin melakukan cat ulang, harus menggunakan mowilex lagi atau bisa menggunakan dulux ga y?
    dan apakah harus disealer dl ga ya?
    dan dimana ya saya dapat membeli cat mowilex dengan pilihan warna yang lengkap

    thanks

    • Makasih pertanyaannya pak. Saya coba jawab ya.
      Kondisi idealnya sih, jangan menumpuk 2 jenis cat, soalnya takutnya struktur kimianya berbeda dan nanti akan mengakibatkan hasil tdk maksimal (cat kembung atau warna tdk rata).
      Bagusnya sih di kerik dulu.
      Tapi kalaupun mau di tumpuk, jangan melapis cat mahal diatas cat yang kelasnya lebih rendah. Gitu pak teorinya :)
      Kalau mau pake sealer juga bisa. Tp tetep bagusnya kerik dulu.
      Semoga membantu,
      Thx
      Semoga membantu.

  6. Kalo boleh saya nimbrung dikit..
    Kalo cat tembok biasanya memang menggunakan acrylic resin, tp mowilex yang buat tembok bukan menggunakan acrylic sehingga tidak mungkin menyatu dengan cat tembok waterbased lainnya yang mayoritas menggunakan resin acrylic.
    Kalo vinilex dengan dulux bisa ditumpuk karena sama waterbased dan menggunakan resin acrylic.
    Jadi kalo melihat cat untuk ditumpuk harus dilihat dulu apakah sama-sama waterbased dan yang kedua dilihat resin yang digunakan sama-sama acrylic atau bukan. Jadi based dan resinnya harus sama.
    Berapapun harganya kalau based dan resinnya sama pasti menyatu.
    Kebetulan saya produksi cat tembok.

    Terima kasih

  7. bitalux jelek… tembok saya sudah pakai cat dasar, sudah 4 kali timpa masih kelihatan temboknya. Tiap kali disapu, catnya luntur lagi… cape deh.

  8. Klo baca ulasan diatas tadinya kesimpulannya cat yang bagus dengan harga terjang kau berarti cat vinilex dong, kebetulan saya juga mau negatif rumah. Terima kasih atas informasinya. (Toni/Pamulang)

  9. malam pak emir,
    makasih udah ulas tentang vinilex 1000. tadinya saya khawatir karena promo beli 2 gratis 1 kualitasnya kurang baik. sekarang jadi makin pede untuk membeli vinilex 1000. di tempat saya Cisoka Tangerang perkaleng 5 kg harganya 85 ribu dan masih ada promo beli 2 gratis 1. dan uniknya, saya diperbolehkan untuk memilih warna yang berbeda. dengan begitu, saya bisa dapat 3 warna dalam sekali beli.

    makasih pak emir

  10. oh iya pak emir,
    saya diberi saran oleh tukang, untuk meminimize budget, saya disarankan untuk mencampur vinilex 1000 interior dengan lem fox. perbandingannya 1 bungkus lem fox (350 gr) dicampur 1 kaleng cat 5 kg. hal itu akan menghasilkan cat interior tersebut akan setara kekuatannya dengan cat exterior, selain tahan cuaca juga dapat merekat dengan kuat bahkan bisa mengkilap. apa benar begitu? atau ada tips lain dari pak emir?

    thanks

    • Wah, ini justru tips baru denger pak :) saya belum pernah denger/ coba satupun soal yang diberi lem :) boleh reviewnya pak kalo emang jadinya diaplikasikan :)

      Untuk cat interior, vinilex 1000 menurut saya sudah bagus. Yang warna pun sapuannya rata setelah kering. Kalo untuk ekaterior, saya tidak pakai cat anti-weather. Tapi bener2 pake cat pelapis anti air macam no drop gitu. Pilihan warnanya memang sedikit, namun efektif buat cegah dinding lembab pas hujan. Saya pake yang merek shell.
      Semoga membantu :)

  11. sedikit saran dari saya nih.
    cat + lem kayu akan mengurangi daya tutup atau daya sebar cat itu sendiri, memang secara kualitas lebih lengket/merekat ke media (tembok).
    untuk referensi silahkan coba cat merk Envi sebelumnya namanya “Envitex” untuk kelas Medium (menengah kebawah) dengan kualitas bertahan sampai 2-3 tahun (untuk Interior).untuk Exterior bisa bertahan sampai 1-1,5 th (untuk Exterior).Ramah Lingkungan , tidak bau, bisa dicuci.Daya sebar mencapai 5-7 m2/kg (2 x lapis)
    untuk kelas Premiumnya (menengah keatas) BELAZO Multi Emultion (ME) untuk Interior bertahan 3 Tahun, untuk EXterior bertahan 1,5 tahun.Daya sebar mencapai 7-8 m2/liter.
    Referensi juga untuk (TOP Seal) Cat Anti Lembab & Anti Alkali (garam) hasil lebih mengkilap & Daya sebar lebih Luas,tidak bau menyengat.
    Arti dari Garam Alkali yaitu kandungan dari senyawa kimia yang di sebabkan oleh kandungan semen konvensional, pasir untuk plester dan batu bata.
    biasanya kalo tembok yang melembung, mengapur, atau di usap oleh telapak tangan itu yang dikatakan garam2 Alkali.atau tembok kalo di lihat seperti adanya pulau itu disebabkan oleh Kadar Kelembaban.
    cara pencegahan gunakan Cat Water Proofing (Merk TOP Seal).

    Terima Kasih.

  12. Mau tanya donk para suhu, saya udah beli dulux (warna cream) trus dari satu kaleng itu, saya pingin dua warna….misal lebih tua atau lebih muda..yg recomended dicampur cat apa ya?

    • Pak pri,
      buat pertanyaan pak Pri sebenernya saya ga kompeten untuk jawaban yg benar.
      Tapi saya pikir sih bisa aja. Dan saya juga pernah pakai metode campur merek gitu :)
      Mungkin ada yg bisa bantu jawab?

  13. Pak sdg mau ngecat rumah baru ni..
    1. Rencana Sy pake dulux weathershield max utk eksterior.. warna frost lime (ijo agak lumut) nah kalo interior pengen pake yg cat klas medium aja
    Tp rrnyata yg bisa persis warnanya sama dgn dulux dan ekonomis adl pake Dana Brite/Danacryl pake tinting.. Pernah pake dàna brite tdk ya? Harganya skrg mash dbawah 100 per 5 kg.
    Bagus ga ya hasil danbrite ini.

    Mohon saran.trimakasih

  14. Nimbrung nih pak… mau tanya.
    Saya sudah beli cat vinilex warna cream no. 128, warna apa yang cocok buat “tendem”nya biar serasi. btw saya mau ngecat teras dan tiangnya rencana saya pakai warna lain yang matching gitu. thanks

    • Cream bisa dipadupadan dengan hampir semua warna basic karena secara spectrum Warna dekat ke putih. Jadi tergantung tema rumahnya :) bisa merah/ hijau/ biru/ coklat.
      Tapi Warna kuatnya harus jadi aksen aja. Gaboleh dominan

  15. Mau tanya pak, saya kan mau ngecat ulang kamar tidur, waktu pilih2 warna, di dulux gaada warna yg cocok sama selera saya, justru di belazo malah ada warna yg cocok. Tapi masalahnya saya ga tau kualitas cat belazo. Apa bapak pernah pakai cat belazo? Bagus atau tidak ya? Thanks

  16. Maaf pak sy mau nanya nie klau cat vinilex pro1000 klau u skrng msh promo gak pak.krna sy jdi kesusahan jga untuk mngaplikasikannya pak…krna ad promo beli 2 dpet 1 bebas warna…menurut bpk gimna pak

  17. Untuk cat vinilex pro 1000 daya sebar brp m2/kg, Pak? Apakah 2xlapis sudah menutup dinding baru (28hari)? Vinilex 1000 dengan catylac by dulux bagus mana? Thx

    • Buat cat kualitas standard saya rasa vinilex cukup bagus. Rata dan ga berubah warna bila kena air ketika kering. saya pakai 2 lapis untuk warna putih. Kalau Dulux/ Catylac saya kategorikan cat (rada) mahal soalnya. hehe

Leave a Reply

