Pemasangan Plat Hebel

Hari ke-2 pemasangan plat lantai hebel, udah 80% terpasang. Jadi rata2 pengerjaan 6 tukang secara manual (di kerek pake hoist 1,5 ton) 45m2 lantai. Sisa hari ini diisi dengan membuat tulangan untuk mengikat si Hebel itu. Kalau sukses, besok udah bisa masuk grouting (semen pengikat untuk mengisi celah2 di plat Hebel). Jadi deh dak instan dengan beton pra cetak cuma dengan waktu 5 hari. Hehe

22 thoughts on “Pemasangan Plat Hebel

    • Kayanya ada deh mas. Saya lupa paling panjang brp. Tapi saran saya sih jgn panjang2. Selain tambah beban struktur, kuatir ma efek geser akibat lendutannya mas.
      Mending bikin pembalokan dlu🙂

  1. Kalo untuk bentang 4 meter, trus pake pembalokan di tengahnya. Kalo baloknya pake balok besi IWF ato H-beam, kira-kira yg ukuran berapa ya?

    • Kalo bentang 4 m bisa langsung pake hebel yg 4 m jg pak, tanpa perlu balok di tengahnya. Ya konsekuensinya sih ketebalan plat bertambah jadi 15cm dan berat struktur jg nambah.
      Kalau mau ada tambahan beam, pakai plat yg 2 meteran aja. Tapi untuk besaran, hebel dari speknya bisa support beban hingga 300kg/m2. Mungkin data itu mungkin bisa dicari profil besi yg sesuai.
      Semoga membantu,
      Thx

  2. Pak Emir, blognya sangat informatif. Saya rencana pakai hebel panel lantai dan sudah di supervisi pihak hebel. Saya agak ragu dgn keawetan hebel bila ter-expose air walau di waterproof (sbg toilet / atap). Bagaimana kondisi atap dan toilet bapak setelah 2 tahun? apakah ada bocor atau retak? Dan tiang beton penguat bapak taruh jarak m kira2 ya? Agar suara langkah tidak terlalu terdengar, hebel yg lebih pendek lebih baik ya Pak? Maaf bila pertanyaan saya merepotkan. Terima kasih🙂

    • Makasih udah baca blognya🙂

      Kalo soal ketahanan sih sampai sekarang ngga ada yg rembes pak. Tapi tetep drainase harus baik dan diusahakan ngga ada air yg tergenang🙂
      Saya ambil jarak kolom dengan modulan 3m. Untuk kekuatan kayanya sih makin pendek makin ok. Soalnya tebelnya sama🙂 pantulan suara sih lumayan teredam ko🙂
      Semoga membantu

  3. Pak, jd utk water proofing, pake aquaproof ato khusu utk hebel? proofing 2 x kuasan, lalu aci 1 cm dgn pasirputih+semen (bukan pm 600?), lalu proofing 1 x kuasan. tk Pak

    • Pak Joko,

      Kemarin untuk lapisan waterproof, saya masih pakai metode yg lama. Dulu belum ada (atau mahal) aplikasi waterproof khusus hebel. Jadinya pakaion yang standar untuk atap beton. Ngga ada masalah hingga sekarang ko. Tapi saya rencananya akan lapis ulang setiap 3 th🙂
      Semoga membantu.

  4. Pak, selain plat hebel AAC, sy baca ada jg plat baliton CLC. Lebih kokoh mana dan lbh murah yg mana ya? Sy liat di pake baliton biaya pasang permeter sampe finishing (ditlapisi semen?) Rp.550rb/meter2. Tapi kalo harga Baliton clc m2 + Antar ke tempat lokasi proyek (frangko di atas truk): Rp 425rb/m2. Terima kasih.

  5. tertarik juga pakai rangka beton dan plat lantainya, tapi mau tanya dulu harganya boleh. sy mau bangun rmh 2 lt 8 x 8 m an. kisaran brp jt ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s