10.2 meter – Topping Off

Akhirnya pemasangan plat hebel terakhir pada level 10.2m terlaksana. Dengan ditutupnya dak hebel ini, maka pertumbuhan tinggi struktur rumah kami telah berakhir.
Godaan pembelian material lucu2 untuk finishing mulai berdatangan. Racun dimulai ketika mitra10 mendeklarasikan perang mental 40% off untuk produk granit dan horizontal blind.

3 thoughts on “10.2 meter – Topping Off

  1. Pak/Ibu, salam kenal.
    Saya rencana mau meningkat rumah juga, hanya masih bingung soal plat untuk lantai 2 nanti. sebagai orang awam sy ingin tahu teknologi plat untuk dak hebel dibanding dg keraton, or dak konvensional saya mohon sharing pengalamannya ttg dak hebel dari segi kekuatan dan kepraktisannya.

    terima kasih

    • ๐Ÿ™‚ selamat bergabung ya mba. Saya juga pertamanya sangat bingung pilih metode renovasi untuk plat lantai.
      Pilihan pertama dan yg umum adalah beton konvensional. Ini adalah metode termudah, karena semua tukang dipastikan bisa membuatnya. Namun, ada yg saya kurang sukai, yaitu metode ini memerlukan kayu yang cukup banyak dan mahal (untuk cetakan minimal muliplex 5mm dan penyangga dengan menggunakan reng 2×3 atau bambu) dan tidak akan terpakai lg ketika plat lantai selesai. Saya kurang suka aja ada material yang dibuang ๐Ÿ™‚
      Beton keraton juga saya jadikan alternatif pilihan. Kebetulan tukang saya juga pernah memasang keraton, dan beliau bilang, pemasangannya cukup merepotkan. Keraton yang berbentuk seperti bata berongga itu harus dirakit on-site, dan setelah kering baru diangkat keatas. Untuk harga, saya belum sampai sejauh itu nanyanya.
      Hebel karena bentuknya udah precast, dengan berbagai macam pilihan ukuran, menjadikannya alternatif yg saya pilih. Tidak perlu ada material yang terbuang (hemat budget), ngga perlu perakitan (hemat tukang), dan waktu pemasangan 3 hari (hemat tukang dan waktu). Walaupun harga hebel lebih mahal dari beton konvensional, saya merasa lebih sreg pakai hebel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s