Hari-hari Berat Tiba (curlong)

Setelah 5 bulan pembangunan berjalan, kini tiba saat2 yang berbahaya. Saat pembangunan telah memasuki tahap akhir, budget yang tersedia juga berada pada titik kritis.
Perlunya pembuatan RAB adalah untuk mengontrol budget sehingga diharapkan desain bangunan akan dapat dipenuhi oleh dana yang tersedia. Namun proyek ini membuktikan bahwa bila pengawasan pembangunan dan belanja material dilakukan sendiri, RAB tidak perlu dibuat terlalu detail. Bahkan kami memulai pembangunan tanpa mengetahui banyak tentang harga.
Pada pelaksanaannya, terbukti pengawasan yang ketat dan pemilihan material yang tepat dapat mengendalikan amukan budget dan nafsu (hehehe). Pembelian material yang tidak berlebihan membuat hitungan kasar pengeluaran proyek tidak jauh berbeda dengan kenyataan.
Kini, pembangunan telah memasuki tahap akhir. Tahap finishing yang di gembar-gemborkan akan menghabiskan dana banyak berhasil di kendalikan. Memang ada beberapa pembengkakan yang tidak begitu segnifikan, seperti perubahan material lantai 1 dari keramik menjadi marmer (perbedaan sekitar 1jt dari perkiraan awal). Namun, terdapat kesalahan perhitungan di pihak tukang, yang semula memperkirakan pembangunan selesai dalam waktu 5 bulan, ternyata molor menjadi 6 bulan. Biaya tukang pun membengkak sekitar 5jt.
Dana yang tersedia juga telah memasuki angka belasan. Hari-hari yang berat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s