Eksterior Update 12032010

7 thoughts on “Eksterior Update 12032010

  1. blognya bermanfaat sekali, saya sudah baca semuanya. kebetulan saya ada rencana ingin renovasi rumah. boleh saya bertanya sedikit ;p

    1. untuk pemesanan plat lantai hebel itu dimana ya? apa harus di distributor khusus atau banyak dijual2 di toko bangunan?

    2. untuk pembelian plat lantai hebel ini apa sudah termasuk biaya pasang, atau tukang pasang dari tukang kita sendiri?

    terus menurut mas yg sudah memakai produk ini, lebih murah mana dengan beton konvesional. saya sih rencananya tidak ngedak dalam jumlah besar seperti rumah mas, hanya sekitar 30m2, bagusnya pakai apa ya? hebel atau coran biasa?

    makasih banyak sebelumnya untuk kesediannya membalas…🙂
    salam

    • saya coba bantu ya bu🙂
      1. Hebel lantai sekarang udah ada di toko2 bangunan yang rada besar. Mereka juga sebenernya agen yang menerima stok dari pabrik. Kalau telpon langsung ke marketing online nya hebel, ibu bisa diberikan toko distributor resmi mereka yang terdekat dengan rumah ibu. Kalau yang resmi biasanya menyediakan jasa penghitungan plat lantai, sehingga ibu ngga kurang/ lebih pesannya (soalnya kalau pesanan kurang dari berapa gitu, dikenain biaya 400rb untuk sekali jalan)
      2. Promo hebel sih 295rb/ m2 udah sama pasang. tapi kemaren seh mereka kekurangan tukang, jadi baru bisa pasang bulan berikutnya. Kalau ibu punya tukang sendiri, dan dia belum pengalaman pasang hebel, toko resmi tadi bisa kirim orang untuk ngajarin tukangnya, berikut supervisi.
      3. murah mana… saya sih pilih hebel (promosi bgt. hehehe). soalnya untuk luasan 50m2 aja cuma 3 hari pasang. Jadi biaya tukang cuma 3 hari, gapake bekisting. rumah ngga kotor. enak deh pokonya.

      Regards,
      Emir

    • Itu pipa pembuangan air hujan dari dak lantai 3. Yang satu lagi jadi jalur pipa AC dan pembuangannya sekalian. Pada bagian samping juga terdapat 2 pipa pembuangan eksternal. Yang satu adalah pipa pembuangan air hujan dari atap dak lantai tiga, sedangkan yg satu lagi adalah pembuangan air kotor dari kamar mandi lantai 2.

  2. mudah2an masih dijawab…

    1. Mas apa alasan dinding memakai batu-bata bukan hebel sekalian? Perbandingan biayanya secara total apa lebih murah batu-bata?
    2. Bagaimana aplikasi hebel untuk lantai paling atas/ expose air hujan dan juga kamar mandi. Apakah ada yang bocor?

    Thanks Mas…

    • Masih kok mas🙂

      Sebenernya saya pilih bata merah sebagai material dinding karena lebih murah dari segi biaya (bata+aggregate). Hebel + groutingnya lebih mahal hampir 150%.
      Tapi saya pilih bata karena saya ambil borongan tenaga tukang mas. Kalau harian, saya pikir harga bisa sebanding, karena hebel memerlukan waktu yang lebih sedikit dalam pemasangannya, sehingga ongkos tukang akan lebih murah.

      Sampai saat ini, hebel atas dan kamar mandi masih aman. Kebetulan kamar mandi lantai dua berkonsep kering, jadi tidak ada treatment khusus bagi material anti-air nya. Namun untuk level atap lantai 3, saya mengaplikasikan plesteran + anti-air ditambah aqua-proof 5x. Soalnya saya berencana bikin roofgarden (amiin).

      Segitu dulu mas, semoga membantu🙂

Leave a Reply

