Roof Garden – Drainase

Pada roof garden, drainase adalah sistem terpenting yang harus disiapkan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena kondisi waterproofing plat lantai yang akan terbebani apabila drainase yang terjadi kurang baik. Roof garden bukan merupakan suatu proyek yang hanya bertahan dalam hitungan bulan atau tahun. Tetapi diharapkan juga dapat bertahan selama puluhan tahun. Tentu saja perawatan dan inspeksi berkala sangat penting, tetapi penggantian sistem secara keseluruhan apabila terjadi kerusakan bukan merupakan opsi dalam rentang waktu hidup roof garden. Dan kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan bocornya lapisan water proofing dari plat lantai akibat gagalnya sistem drainase roof garden.
Dari fakta tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Sistem drainase tidak boleh menimbulkan genangan
2. Material harus dapat bertahan lama dan tidak lapuk
3. Ringan dan tipis (ketebalan akan berpengaruh pada penambahan berat pada lantai)
4. Mudah dipasang dan dapat diperbaiki setempat apabila ada kerusakan

Pada sistem roof garden sederhana/ tradisional, cara pembuatan lebih mudah. pada salah satu blog saya menemukan proses pembuatan roof garden di perumahan tanjung barat. berikut fotonya :

di foto tersebut, sistem drainase dibuat dengan bahan batu bata yang disusun membentuk saluran air yang diarahkan pada lubang pembuangan.Ssistem ini memiliki keuntungan mudah, murah (sekitar 50 ribu/ m2) dan tahan lama. Tetapi sayangnya akan membebani atap dan memiliki efek permanen.

pada sistem sintesis, harga yang diminta akan lebih mahal (sekitar 130 ribu/ m2) hanya untuk sistem drainasenya saja. Tetapi tidak membebani struktur dan fleksibel.

Dan semua pilihan kembali pada anda🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s