Pengurusan Pengubahan Hak Roya

Jadi kalau temen2 mengambil kredit bank dengan jaminan tanah/ bangunan, setelah lunas dari pihak Bank akan dikembalikan seluruh berkas tanah + sertipikat hak pertanggungan. Benda apa lagi itu?
Itu adalah bukti bahwa pertanggungan kita secara resmi telah dijaminkan oleh bank di badan pertanahan (cmiiw). Its ok, kalo menurut saya. Itu kan kebijakan bank. Selama ngga ada yg utak-atik sertipikat asli.
Masalahnya ketika utang lunas dan semua berkas di balikin, posisi sertipikat tanah kita dikembalikan masih dalam bentuk jaminan dari bank. Bukan dikembalikan atas nama kita kali.
Gila aja, masa utang lunas tapi bentuk pertanggungan masih nama bank. Dan kita diminta ngurus sendiri untuk perubahan nama itu.
Ngga mau rugi banget. Pas minjem dipotong admin dengan biaya notaris dari yg minjem. Eh pas dibalikin masih aja disuruh ngurus pengembalian hak roya. Ini sih dikerjain 2x.
Kapitalis!
Bank Mega bank ku, bagaimana Bank mu?

Untuk pengurusan perubahan roya di BPN Bekasi saya acungi 2 jempol deh.
Berkas yang harus dibawa :
– Sertipikat hak tanah asli
– Sertipikat hak pertanggungan asli (dari bank)
– Surat bukti lunas asli dari bank
– fotokopi KTP

Untuk urusan berkas bisa langsung beli di koperasi. Tapi disarankan ke gedung utama dlu untuk ambil nomer antrian. Tertib banget ko. Sistem antrian pake digital dan gedung ber AC. Hehe. Lama nunggu sekitar 1 jam dengan biaya 50rb aja. Berkas jadi sekitar 2 minggu. Alhamdulillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s