Ayo bikin Studio TV in 90 days

image

Penggunaan studio rental yang banyak mendorong dimunculkannya proyek pembangunan studio ini. Sebelumnya, proyek penambahan studio terbatas pada proses renovasi ruangan berukuran kecil untuk dijadikan studio.
Di Jakarta, cost rental studio (saja) pertahun itu berkisar 1× hingga 1.5x cost pembuatan bangunan fisik. Jadi mbak Efi (siensi) berkata bahwa lebih baik bikin dengan memanfaatkan lahan yang ada daripada sewa.
Segera setelah renovasi studio kecil selesai, approval untuk membuat yg lebih besar diteken. Jadilah kami membuat studio dengan ukuran 30m x 20m x 9m di area parkir yg ada.
Dan waktu yang diberikan cukup 90hari saja. Jreng jeng jreng.
Terputus libur lebaran. Jreng jeng jreng.

Tambahan:
Studio adalah suatu tempat dimana terjadi/ berlangsungnya suatu kegiatan tertentu dimana fungsi ruang tersebut dibuat untuk mendukung kegiatan tersebut. Walaupun banyak jenisnya, biasanya istilah studio digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan bentuk kreativitas seni.

Secara kerumitan pembuatannya, studio bisa dipisahkan menjadi:

  1. Studio foto/ lukis/ tari. Spesifikasi ruangan yg dibutuhkan studio ini termasuk biasa saja, karena kegiatan didalamnya tidak terlalu terganggu oleh aktivitas di luar. Bahkan beberapa banyak menggunakan bukaan untuk memperbaiki sirkulasi.
  2. Sound Studio. Pada kategori ini dibutuhkan pengendalian khusus terhadap suara agar kegiatan di dalam studio bisa berlangsung baik. Sound studio sendiri bisa dibagi menjadi:
    – Studio TV. Berbeda dengan studio foto, studio TV mengharuskan tidak adanya gangguan suara dari luar ruangan. Dan itu termasuk semua jalur rambatan suara, baik dari udara atau struktur bangunan, dari arah atas, bawah, dan samping. Itu berarti seluruh sisi dinding struktur harus dilakukan penambahan panel penyerap suara termasuk langit2 dan lantai (apabila terletak di lantai atas).
    – Studio akustik/ musik. Merupakan tingkatan tertinggi dalam pengkondisian suara di dalam ruangan. Selain ruangan harus kedap/ soundproof, suara yg terjadi di dalam ruangan tidak boleh memantul ke satu titik dan harus disebar sehingga tidak timbul gaung. Untuk itu kita harus menambahkan material bergerigi yang berfungsi memantulkan suara dan juga material berpori untuk menyerap suara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s